Saturday, December 1, 2012

BESARAN POKOK, BESARAN TURUNAN, VEKTOR DAN SKALAR

Nah, ngomong tentang fisika, berarti ngomong tentang besaran . Apa pula besaran itu ? mahluk apa pula ? ha ha ha Mungkin kita yang pernah belajar fisika sering banget denger kata kata ini, tapi mungkin cuman sedikit yang ngerti. Di buku - buku juga banyak yang jelasin apa itu besaran. Tapi mungkin kita lagi ga konek belajarnya ngkali. Atau mungkin tiba-tiba aja bahasa yang disampaikan guru kita menjadi bahasa planet. jadinya kita kedengerannya cuman bla bla bla.....

Simpelnya begini, Kalo kita memandang sesuatu atau mengamati sesuatu.Misalkan gedung bertingkat.Mungkin yang pertama kita pikirkan adalah gedung ini tinggi sekali. Dibanding tubuh kita menjadi pendek. Nah! kalo kita bicara tinggi dan pendek, berarti kita membicarakan sesuatu. Sesuatu yang namanya panjang. Sekarang kita lanjutkan dengan berbicara lama dan cepat. Berarti kita juga bicara tentang sesuatu yang kita sebut sebagai waktu. nah, panjang dan waktu itu disebut besaran.

Banyak besaran di kehidupan kita, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, jumlah zat, kuat arus dan intensitas cahaya. Mudah-mudahan kita dah ngerti apa itu besaran.

Tapi tunggu dulu..! (apa lagi nih..) Besaran di atas itu bisa kita turunkan dengan mencampur besaran satu dengan yang lain. maka lahirlah besaran luas, besaran volume, besaran berat jenis, kecepatan, percepatan, gaya dan lain - lain. Nah, besaran yang kita sebut di awal itu disebut besaran pokok atau besaran yang aslinya emang begitu alias dari sononya udah disebut begitu. kalo besaran pokok kita campur campur maka akan menjadi besaran turunan. Gitu

Selanjutnya apa itu vektor dan skalar ?
Keduanya adalah pembagian besaran. Kalo di atas kita bicara besaran dari pokok dan turunannya, maka sekarang kita bicara besaran dari dia punya arah atau hanya sekedar nilai aja. jelasnya begini. Kalo kita berkendaraan dengan kecepatan tertentu, maka pertanyaan selanjutnya adalah, ke arah mana kecepatan itu bergerak ? Tentu ada arahnya dong, apakah dia ke utara, selatan atau barat atau lainnya. Maka kecepatan itu selain punya nilai juga dia punya arah, maka kecepatan itu besaran vektor.

Sementara kalo kita bicara tentang suhu. berapapun angkanya kita tidak pernah bertanya ke arah mana suhu itu bergerak. apakah ke utara atau ke selatan. Artinya, suhu tak perlu diketahui arahnya, yang penting hanya nilainya. Berarti suhu adalah besaran skalar. Maka yang termasuk besaran vektor itu adalah panjang, kecepatan, percepatan, gaya, daya atau lainnya. Sementara itu suhu, jumlah zat, intensitas cahaya, luas, volume, berat jenis atau lainnya adalah besaran skalar. gitu
Dah dulu yaa. byee

No comments:

Post a Comment