Saturday, December 1, 2012

FISIKA ?

Fisika ?
Huah bete amat. Apa emang fisika bisa bikin happy. minimal ga bete lah. He he he Mudah mudahan sih bisa yaa. Namanya juga usaha Fisika ? (nanya lagi dah) itu ilmu apaan sih ? Sederhananya, fisika itu ilmu yang mempelajari gejala berbagai benda di alam kita. Baik yang dekat dan ada di sekitar kita , maupun yang jauh dari kita. Baik yang ukurannya kecil, maupun yang ukurannya besar.

Untuk membedakannya dengan biologi, fisika tidak mempelajari proses yang ada dalam mahluk hidup maupun interaksi antar mahluk hidup.

Kalo ditanya definisi fisika emang ga mudah, karena saat ini kebanyakan ilmu itu udah saling bercampur. Ga bisa ilmu itu berdiri sendiri. Tapi minimal, kalo ditanya apa itu fisika, biasanya ga jauh-jauh dari yang diceritain di atas. Selanjutnya kalo kita belajar fisika, apaan sih yang dipelajari ? Banyak banget deh. Tapi (katanya) semua berawal dari kegiatan mengamati gejala alam. Kemudian diukur, kemudian dihitung-hitung. Setelah dapet angka. kemudian disimpulkan. Bisa dalam bentuk rumus, bisa dalam bentuk pernyataan atau teori.

Oleh karena itu, dalam mempelajarinya, kita mau ga mau harus belajar ilmu hitung alias matematika untuk menjelaskan hasil pengukuran, menghitung dan mendapatkan rumus - rumus. Selain itu sedikit banyak, kita akan mengerti alat - alat ukur yang digunakan. Makanya antara fisika dan matematika sudah seperti saudara sendiri. Tapi jangan takut, matematika yang dipakai itu hanya yang sederhana saja, tidak harus yang sulit - sulit. .

Jadi, mengerti khan kalo ditanya apa itu fisika ? :)

0 comments:

Post a Comment