Wednesday, December 12, 2012

HAMBATAN LISTRIK

HAMBATAN PADA KAWAT PENGHANTAR
Walaupun sebuah kawat mampu menghantarkan listrik, tetapi beliau juga mampu menghambat arus listrik. Yang berbanding lurus  panjang kawat, l, diamater kawat. A,  dan hambatan jenisnya.

http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbasees/electric/resis.html

 RESISTOR
Penghambat listrik dikenal secara luas sebagai resistor.
Biasanya terbentuk dari karbon atau arang. Memiliki 4 gelang yang menunjukan nilai resistansinya. Setiap gelang akan menampilkan warna yang menunjukan nilainya. Warna gelang pertama dan kedua menunjukan angkanya. Gelang ketiga menunjukan apakah resistansinya puluhan, ratusam, ribuan dan seterusnya. Sedangkan gelang keempat menunjukan toleransi hambatan atau nilai plus minus dari hsmbstsn ysng ditulis dalam persentasi.

 RANGKAIAN RESISTOR
Rangkaian resistor terbagi menjadi rangkaian seri dan rangkaian paralel. Rangkaian seri berarti ujung resistor bertemu dengan pangkal resistor lainnya. Dan Ujung resistor tersebut akan berikatan dengan pangkat resistor lain lagi. Sedangkan Rangkaian paralel, ujung resistor akan bertemu dengan usesama ujung resistor lain pula, dan pangkal reisistor akan bertemu dengan sesama pangkal resistor juga.

Rangkaian Seri
Resistors in series - R1, R2, R3. There is a current of I1, I2, I3, and a voltage of V1, V2, V3 across these respectively. There is a cell in series which measures voltage of Vt.


http://www.bbc.co.uk/bitesize/higher/physics/elect/resistors/revision/1/

  • I1 = I2 = I3
  • VT = V1 + V2 + V3
maka, RT = R1 + R2 + R3

Dari gambar di atas dijelaskan bahwa Resistor total atau pengganti adalah jumlah dari semua resitor yang dirangkai seri tersebut. Nilai arus untuk setiap resistor adalah sama. Sedangkan nilai tegangan total nya akan terbagi kepada setiap resistor. Sehingga tegangan setiap resistor akan berbeda. namun perbandingan nilai tegangan akan sebanding dengan perbandingan nilai resistornya. Maka, rangkaian seri resistor dikenal sebagai rangkaian pembagi tegangan.

 Rangkaian Paralel

Resistors in parallel - resistors R1, R2, R3 are in parallel on separate branches of the circuit. There is a current of I1, I2, I3, and a voltage of V1, V2, V3 respectively across these resistors. There is a cell which powers this circuit which has a current of It.
 http://www.bbc.co.uk/bitesize/higher/physics/elect/resistors/revision/1/
  • IT = I1 + I2 + I3
  • V1 = V2 = V3
Maka,  1/RT = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

Agak sedikit berbeda dengan rangkaian seri. Resistor taotal atau resistor pengganti pada rangkaian paralel merupakan penjumlahan pecahan dengan nilai resistor berada di penyebutnya, seperti tertulis di atas.
Nilai tegangan untuk semua resistor akan selalu sama dengan tegangan sumber.
Sedangkan Jumlah arus sumber akan terpecah pada setiap resistor. Perbandingan nilai arus untuk setiap resistor juga sebanding dengan perbandingan nilai hambatan di setiap resistor. Oleh karena itu rangkaian seri resistor dikenal juga sebagai rangkaian pembagi arus listrik.

Demikian gambaran esderhana tentang resistor dan rangkaiannya. Semoga bisa menjadi pengertian dasar untuk memahami lebih lanjut mengenai resistor ini. Aamiin.


0 comments:

Post a Comment